Tuesday 7 October 2008

Arti dari Minal ‘Aidin wal Faizin ?

Saat lebaran tiba, masyarakat sering mengucapkan Minal ‘Aidin wal Faizin dalam, tetapi tidak mengetahui artinya. Sebagian mengartikan Minal ‘Aidin wal Faizin dengan “Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Maklum, dalam kartu lebaran, sms, ataupun iklan sering tertulis Selamat Idul Fitri 1429 H, Minal ‘Aidin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Sehingga sepintas arti dari Minal ‘Aidin wal Faizin ya memang Mohon Maaf Lahir Batin. Lebih parahnya lagi, pada beberapa kesempatan orang sering hanya mengucapkan “Hai, Lahir Batin Ya.” Memangnya ada apa dengan Lahir Batin : ) Ada – ada saja.

Sebenarnya kata Minal ‘Aidin wal Faizin berasal dari doa “Taqobbalallahu Minna wa Minkum wa Ja’alanallahu Minal ‘Aidin wal Faizin” yang artinya “Semoga Allah menerima (amalan-amalan) yang telah aku dan kalian lakukan dan semoga Allah menjadikan kita termasuk (orang-orang) yang kembali (kepada fitrah) dan (mendapat) kemenangan.
Maka arti sesungguhnya dari Minal ‘Aidin wal Faizin adalah “semoga kita termasuk (orang-orang) yang kembali (kepada fitrah) dan (mendapat) kemenangan”.
Mengenai cara penulisan ,selama ini ada salah kaprah juga dalam masyarakat. Contoh yang cukup sering kita lihat adalah:

Minal Aidzin wal Faidzin
Minal Aizin wal Faizin
Atau mungkin dengan dialek Jawa akan tertulis Minal Aidin wal Faidin

Ketiga contoh diatas tidaklah tepat. Karena sesungguhnya penulisan yang benar menurut bahasa Arab adalah ‘Aidin, (asal kata ‘Audat -kembali), dan Faizin (asal kata Fauzan -menang). Sehingga kalimat yang tepat adalah “Minal 'Aidin wal Faizin”.

Namun demikian, lepas dari itu semua, akan lebih baik jika ucapan usai Ramadhan kita menyampaikan doa “Taqobbalallahu Minna Wa Minkum, Semoga Allah menerima amal ibadahku dan amal ibadahmu” Karena doa ini lebih jelas asal hadistnya dibandingkan dengan ucapan Minal ‘Aidin.

(disarikan dari berbagai sumber)

3 comments:

errick said...

hoho... blog baru to mas. ndak bikin tulisan ttg azka mas? :)

Kangmastyo said...

Ditunggu aja Er. Foto-fotonya masih belum terkumpul.

pyuriko said...

Saya baru tahu juga artinya... Selama ini dikira artinya adalah Mohon Maaf Lahir Bathin.... Ternyata artinya ini adalah mendoakan, bukan meminta maaf yaa.

Saya jadi kepikiran, masih banyak kata yang sering diucapkan, tetapi saya gak ngerti apa artinya :D